Perkembangan Teori Atom


Kata "Atom" diambil dari bahasa yunani atomos yang berarti 'tak terbagi', karena saking kecilnya sampai - sampai atom gk bisa dibagi (dibelah/potong) lagi.
Itulah teori atom pertama yang dikemukakan oleh seorang filsuf dari Yunani "Democritus", menurut beliau semua benda terdiri dari atom - atom, namun sayang pemikiran beliau tentang atom ini ditolak oleh filsuf - filsuf pada masa itu, beberapa diantaranya merupakan filsuf ternama yaitu Plato & Aristoteles, menurut mereka didunia ini tidak ada yang tidak terbagi, jadi atom itu tidak ada.
Karena Plato & Aristoteles merupakan filsuf yang sangat ternama, akibatnya pemikiran tentang atom ini terabaikan dan baru muncul kembali beberapa ratus tahun kemudian pada sebuah buku karya John Dalton. Yang menjadi teori atom modern pertama didunia.

Teori Atom John Dalton

Pada tahun 1803, John Dalton menerbitkan sebuah buku yang berjudul "A New System Of Chemical Philosophy" buku ini menjelaskan beberapa hal mengenai atom serta keberadaanya. Kini John Dalton disebut juga sebagai bapak pencetus teori atom modern.
Seiring berjalannya waktu akhirnya diketahui bahwa teori John Dalton tidak sepenuhnya benar, namun tetap ada teori - teorinya yang benar seperti berikut.

Teori John Dalton
  • Unsur - unsur terdiri dari partikel - partikel yang luar biasa kecilnya sampai tidak bisa dibagi lagi (atom).
  • Atom suatu unsur tidak dapat diciptakan, dihancurkan, dirubah menjadi atom jenis unsur atom yang lain.
  • Atom - atom dari unsur yang sama itu sama, mereka memiliki sifat & massa yang sama.
  • Atom dari unsur yang berbeda itu berbeda, karena memiliki a yang berbeda juga.
  • Senyawa terbentuk jika lebih dari 1 jenis unsur bergabung.

Teori Atom Joseph John Thomson

Pada tahun 1903 J.J. Thomson mempublikasikan teori atom yang baru, dari hasil penelitiannya terhadap sinar katode. 
J.J. Thomson menjelaskan bahwa atom itu menyerupai kue kismis, menurut Thomson atom merupakan materi yang bermuatan positif dan didalamnya tersebar elektron - elektro (muatan negatif) sehingga menyerupai kue kismis pada roti kismis. Muatan negatif & positif dalam atom itu sama, jadi secara keseluruhan atom bermuatan netral.

Teori Atom Ernest Rutherford

Pada tahun 1910 Ernest Rutherford mengemukakan teori atom yang baru berdasarkan hasil penelitiannya terhadap sinar alpha.
Ernest Rutherford menjelaskan bahwa sebagian besar dari massa (bagian) dan muatan positif atom terletak & berpusat pada bagian pusat atom, pusat atom ini dinamakan inti atom, sedangkan muatan negatif/ elektron beredar mengelilingi intinya.

Orbit elektron disebut sebagai kulit atom, jarak antara kulit atom dengan inti atom diperkirakan sepanjang 10-8cm (10-8 = 1/108 = 0,00000001cm)

Jika inti atom itu seluas 1cm, maka jarak dari inti dengan kulit atom itu sepanjang 1 km!!!

Teori Atom Neils Bohr

Teori Neils Bohr dikemukakan pada tahun 1913, teori ini menjelaskan bahwa atom memiliki beberapa lapisan kulit khusus (tidak hanya satu), sebagai tempat mengorbitnya elektron yang disimbolkan dengan 'bilangan kuantum utama'(n), ketika mengorbit energi elektron itu stabil sehingga jalur elektron itu berbentuk lingkaran sempurna.

Teori Atom Mekanika Kuantum

Teori ini dikemukakan oleh Erwin Schrodingers pada tahun 1927 & menjadi teori yang masih dipergunakan hingga saat ini, teori ini jauh lebih kompleks dibandingkan teori - teori pendahulunya.
Teori Mekanika Kuantum menjelaskan bahwa kita tidak bisa menentukan keberadaan elektron pada atom, tetapi kita bisa memprediksikan keberadaan atom dengan kerapatan titik-titik di sekitar inti atom, semakin rapat titik-titiknya, maka semakin tinggi pula keberadaan elektronnya.
Lapisan kulit teori atom mekanika kuantum juga sangat lengkap, dimana setiap kulit atom terdiri dari beberapa subkulit. Sub kulit itu sendiri terdiri dari beberapa orbital, sehingga untuk menyatakan lokasi keberadaan elektron kita memerlukan 4 bilangan kuantum utama.

Yaitu Bilangan Kuantum Utama (n), Bilangan Kuantum Azimuth (l), Bilangan Kuatum Magnetik (m) & Bilangan Kuantum Spin (s).

Teori - teori tersebut merupakan teori atom yang ada hingga saat ini, admin sarankan untuk mengklik link - link yang ada untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang masing - masing teori, karena bila admin ketikkan semuanya disini maka akan jadi sangat panjang, jadi selamat berburu informasi. :)

Seorang pelajar Indonesia, yang tertarik dengan ilmu pengetahuan serta agama dan ingin berguna untuk masyarakat, dengan mensharing ilmu - ilmu yang dimilikinya ;)

Share this

Related Posts

First

Silahkan masukkan komentar anda dengan sopan