Teori Atom John Dalton

Teori Atom John Dalton


Pada tahun 1803 John Dalton menerbitkan buku yang berjudul “New System Of Chemical Philosophy” & menjadi teori atom modern yang pertama, buku tersebut menjelaskan beberapa hal tentang atom serta keberadaanya. Berkat bukunya tersebut ilmu tentang atom semakin berkembang. Kini John Dalton dikenal juga sebagai bapak pencetus teori atom modern. Ada beberapa teori yang dikemukakan oleh John Dalton  yaitu:
  • Unsur – unsure terdiri dari partikel – partikel yang sangat luar biasa kecil, sehingga tidak dapat dibagi lagi (atom).
  • Atom tidak dapat diciptakan, dihancurkan atau dirubah menjadi atom jenis unsure yang lain.
  • Semua atom dari unsure yang sama itu sama, karena itu mereka juga memiliki massa & sifat yang sama.
  • Atom dari unsur – unsure yang berbeda itu juga berbeda, sehingga memiliki sifat yang berbeda juga.
  • Senyawa dapat terbentuk ketika lebih dari satu jenis unsure bergabung.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya diketahui bahwa teori atom John Dalton tidak sepenuhnya benar, meskipun begitu tetap ada beberapa teorinya yang benar, yaitu:
  • Atom merupakan partikel penyusun semua unsure & materi.
  • Atom merupakan bagian terkecil dari unsure dan mempunyai sifat yang sama seperti unsurnya.
  • Dalam reaksi kimia, atom tidak dapat dimusnahkan, diciptakan, atau dirubah menjadi atom jenis unsure yang lain. Reaksi kimia merupakan proses penataan ulang susunan – susunan atom yang terlibat reaksi kimia.
Ternyata Teori Atom John Dalton tidak sepenuhnya betul.
Teori John Dalton memiliki beberapa kesalahan karena informasi tentang atom belum berkembang seperti sekarang, karena itu John Dalton hanya bereksperimen dengan mengamati beberapa sifat dari atom, sehingga John Dalton tidak bisa menjelaskan atom secara detail. Tetapi seiring berjalannya waktu, perlahan namun pasti keberadaan atom mulai bisa dibuktikan dan para ilmuwan juga mulai bisa memprediksi serta mengidentifikasikan bentuk dan sifat – sifat atom.

Baca juga tentang perkembangan teori atom dari waktu kewaktu disini. 

Seorang pelajar Indonesia, yang tertarik dengan ilmu pengetahuan serta agama dan ingin berguna untuk masyarakat, dengan mensharing ilmu - ilmu yang dimilikinya ;)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan masukkan komentar anda dengan sopan